Kamis, 15 Mei 2008

Konsumen di Lampung Berburu Notebook Mini Asus


BANDAR LAMPUNG--MI: Para calon konsumen di Lampung berburu laptop mini (notebook), menyusul telah dirilis jenis notebook merek Asus Eee PC dengan harga lebih murah dari jenis notebook umumnya, kendati harus dengan memesan dan membayar uang muka (inden) lebih dulu untuk mendapatkan peralatan yang dinilai 'murah meriah' itu.

Pantauan di sejumlah toko peralatan elektronik dan komputer jinjing di Bandar Lampung hingga Sabtu, menunjukkan minat yang cukup tinggi dari para calon konsumen yang berburu peralatan canggih mini itu, untuk mendukung profesi dan pekerjaan mereka sehari-hari dan sebanding dengan kondisi keuangan mereka pula

Khusus di salah satu toko komputer di Pasar Tugu Bandarlampung, Delta Komputer, menurut wiraniaga toko itu, sudah cukup banyak calon konsumen yang menanyakan notebook bermerek Asus Eee PC tersebut, terutama untuk spesifikasi kapasitas hardisk dua gigabite (GB) dengan harga pada kisaran Rp3,4 juta per unit.

Namun persediaan barang spesifikasi buatan RRC tersebut, umumnya tidak lagi dipasok dari distributornya dari Surabaya (bukan Jakarta), sehingga kepada calon konsumen ditawarkan untuk kapasitas lebih tinggi 4 GB dengan harga kisaran Rp4,7 juta sd. Rp4,8 juta per unitnya.

"Kalau mau warna tertentu masih harus pesan dengan membayar uang muka lebih dulu," kata wiraniaga toko itu pula.

Di pusat penjualan komputer di Telukbetung, Bandarlampung, Toko Mahir Komputer justru menawarkan paket notebook dengan ukuran layar 7 inci dan berat tak sampai 1 kg itu, dengan harga lebih bersaing termasuk instalasi program di dalamnya sesuai keinginan konsumen.

Beberapa calon konsumen laptop/notebook itu menyebutkan, masih relatif sulit mendapatkan laptop mini/notebook di toko elektronik dan komputer di Bandarlampung sehingga diantara mereka berburu peralatan yang mereka inginkan di pusat perdagangan elektronik dan komputer di Jakarta.

"Masih sulit cari notebook di Lampung, apalagi untuk merek-merek alternatif di luar produk buatan Jepang dan negara lain yang sudah terkenal. Padahal harganya juga relatif tinggi, umumnya di atas Rp6 juta per unitnya," kata Wahyu, salah satu warga Bandar Lampung pula.

Padahal dia beralasan sengaja mencari notebook yang berukuran lebih kecil dibandingkan laptop biasanya, agar lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Namun diharapkan bisa memperoleh spesifikasi yang harganya bersaing.

Menurut para calon konsumen komputer di Bandar Lampung itu, tingkat harga laptop maupun notebook yang berada pada kisaran Rp6 juta hingga Rp16 juta dan lebih tinggi dari itu, kendati dengan spek atau spesifikasi yang fungsinya lebih canggih, dinilai masih kurang ekonomis untuk kondisi keuangan para calon konsumen di Lampung.

Sejumlah toko komputer di Bandar Lampung membenarkan, diantara pelanggan mereka adalah kalangan pelajar dan mahasiswa dari kalangan ekonomi mampu serta para profesional, termasuk kalangan pendidik (guru dan dosen) maupun jurnalis (wartawan).

"Sudah banyak yang pesan dan mencari notebook Asus Eee PC itu di Lampung ini, banyak juga yang telah membelinya," kata Adi, seorang wiraniaga toko komputer di Bandar Lampung pula. Namun dia tidak merinci jumlah unit yang terjual maupun telah dipesan tersebut.

Selain merek Asus, sejumlah merek laptop/notebook lain buatan RRC dengan spesifikasi hampir sama atau lebih baik (diantaranya dengan dukungan hardisk tanpa modem dan CD-room) juga cukup diminati kalangan konsumen pengguna komputer jinjing di Bandar Lampung itu. (Ant/OL-03)

0 Comments:

Post a Comment



Template by - Abdul Munir - 2008